Ngawi – Badan Hukum Kabupaten Ngawi menggandeng para Organisasi Masyarakat untuk meningkatkan kualitas kesadaran hukum melalui Lomba Kelompok Keluarga Sadar Hukum Tingkat Pusat pada tahun 2019.

Kepala Bagian Hukum Kabupaten Ngawi Idham Karima S.H. M.Si.  membuka langsung lomba kadarkum ini dengan semangat karena dapat bertemu langsung dengan para masing-masing grup yang mewakili masyarakat Kabupaten Ngawi yang sadar serta cerdas hukum “Harapan sebenarnya dengan adanya lomba kadarkum ini, yang pertama menciptakan masyarakat yang cerdas hukum, yang kedua menjadi pioneer dalam membentuk desa sadar hukum. Hal ini dilakukan agar masyarakat bisa lebih massive lagi diseluruh Indonesia, karena Pemerintah akan berdosa jika banyak rakyatnya yang melanggar hukum akibat ketidaktahuan mereka akan hukum itu sendiri. Diseminasi dan pembudayaan hukum itu harus dilakukan dari mulai komunitas yang paling kecil yaitu Keluarga. ” ungkap beliau.

Lomba yang dilaksanakan diaula masing-masing kecamatan selama 5 (lima) hari ini, menjadi sarana informasi dan pembinaan hukum yang dikemas dalam bentuk lomba dengan menggandeng ormas-ormas yang ada di wilayah Kabupataen Ngawi.

Lomba Kadarkum kali ini menyasar pada desa-desa terlebih dahulu untuk mewakili kecamatan masing-masing untuk menuju tingkat ke kecamatan.”Sebelumnya dari awal tahun kami memberikan sosialisasi mengenai hukum ke desa-desa. Kegiatan ini merupakan final dari sosialisasi itu. Kami ingin mengevaluasi, yang kami sosialisasikan itu apakah sudah mengena atau belum bagi masyarakat yang ada di Kabupataen Ngawi,” ucap Idham Karima.

Juri yang akan mendampingi dalam kegiatan Lomba Kadarkum tahun ini dari Kepala Bidang Pengelolaan dan Layanan Informasi publik Dinas Kominfo Kabupaten Ngawi oleh Akhmad Sufandi Nasrul Hadi, SH, Kepala Infrastruktur Statistik dan Persandian Dinas Kominfo Kabupaten Ngawi, oleh Satria Eka Widhiarsa, SE., Kepala Bidang Angkutan pada Dishub Kabupaten Ngawi oleh MSi Fajar Anusral Laksmianto, SH, Kepala Bidang Perindustrian Disnasker Kabupaten Ngawi oleh Ita Marita, SE, Dhanang Wahyudi P selaku Kepala Bidang seksi Kesatuan Bangsa Kesbangpol Kabupaten Ngawi, Kepala seksi Penyuluhan Advokasi dan Pergerakan Dinas PPPAKB Kabupaten Ngawi oleh Devi Muthia, S.Sos, Staf Dishub oleh Ary Prasetyo Yudo, Staf Kesbangpol Kabupaten Ngawi oleh Irsanto selaku.

Lomba kadarkum merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh Pusat Penyuluhan dan Bantuan Hukum BPHN, diselenggarakan setiap 4 (empat) tahun sekali. Tahun pertama Lomba Kadarkum diselenggarakan di tingkat kecamatan, tahun kedua lomba kadarkum diselenggarakan di tingkat kabupaten/kota. Tahun ketiga lomba kadarkum diselenggarakan di tingkat provinsi, dan tahun keempat lomba kadarkum diselenggarakan di tingkat nasional.

Adapun materi lomba yang akan disajikan kepada peserta lomba baik tingkat provinsi maupun tingkat pusat adalah: Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang, Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak, Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Jo. Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008, Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2008 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2002 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme Menjadi Undang-Undang.

Semoga dengan diadakannya Lomba KadarkumTingkat Pusat Tahun 2019 ini dapat menjadi semangat kita bersama untuk meningkatkan kinerja dan prestasi dalam rangka tercapainya tujuan pembangunan hukum nasional khususnya dalam rangka meningkatkan kesadaran hukum masyarakat demi terwujudnya budaya hukum masyarakat dan terwujudnya masyarakat yang cerdas hukum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *